Minggu, 04 November 2012

ALASAN MEMANFAATKAN TUMBUHAN SEBAGAI MEDIA SEDERHANA

( Oleh : Herul Widayati, II-E )
.
A.    Alasan Perlunya Media Sederhana.

        Sesungguhnya proses belajar selalu terjadi dalam kegiatan kejiwaan siswa sendiri atau penalaran sendiri yaitu ketika terjadi  interaksi  antara lingkungan diri sendiri dengan lingkungan luar, jadi alasan mengembangkan media sederhana adalah keyakinan bahwa penggunaan media yang sesuai dengan materi pelajaran dan karakteristik anak didik mampu memberikan suatu pengalaman baru yang bisa mengubah perilaku {pengetahuan, nilai-nilai, atau suatu kecakapan/ketrampilan} melalui aktivitas kejiwaan sendiri. Oleh karena itulah kita perlu menciptakan dan menggunakan berbagai media sederhana yang kita buat sendiri. Kita dapat mulai menfaatkan berbagai sumber belajar yang ada di sekitar kita.
Contoh: Guru dapat menerapkan tentang ciri-ciri makhluk  hidup antara lain bahwa tumbuhan juga makan dan minum.


B.   Pentingnya Media Sederhana.

    Media sebagai bagian atau komponen proses komunikasi diyakini oleh banyak ahli sebagai jawaban terhadap sejumlah masalah yang dihadapi dalam proses belajar mengajar. Oleh karena itu selayaknya para guru memiliki ide, gagasan, dan kreativitas setiap saat  ketika akan merencanakan dan menjelaskan setiap pelajaran melalui media yang dikembangkanya.
Guru hendaknya menyadari bahwa media pembelajaran adalah sarana informasi atau peralatan yang dapat digunakan untuk menjelaskan, mendeskripsikan, mendemonstrasikan, menganalisia dan sebagainya berbagai macam materi pelajaran. Selain itu perlu disadari bahwa proses pengembangan media pembelajaran itu adalah kegiatan pembuatan dan penggunaan media yang merupakan bagian dari keseluruhan strategi komunikasi dalam proses belajar mengajar.

C.Potensi Tumbuhan Menjadi Media Sederhana.
      Tumbuhan hidup juga bisa bermanfaat dalam menjelaskan berbagai peristiwa alam. Tumbuhan hidup sangat bermanfaat apabila digunakan untuk menjelaskan  fenomena alam dan berbagai akibat yang ditimbulkan oleh berbagai ulah manusia. Di Sekolah tumbuhan hidup dapat membantu guru dalam menjelaskan berbagai materi pelejaran kepada siswa. Tumbuhan hidup yang kita manfaatkan tidak hanya dapat digunakan memjelaskan tumbuhan itu sendiri tetapi juga menjelaskan berbagai proses dan akibat  yang ditimbulkan oleh proses kehidupan lainya.

D. Alasan Menggunakan Tumbuhan Sebagai Media Sederhana.

1. Pengintergrasian Materi Lokal.

      Dalam kaitanya dengan pemberdayaan lingkungan , guru hendaknya mampu menggunakan fakta-fakta yang ada di sekitar lingkungan sekolah, dan masyarakat.Mereka secara integratif diharapkan mampu mengoptimalkan potensi dan sumber belajar yang ada di sekitarnya bagi kepentingan anak didik: mengembangkan kebebasan bereksplorasi dan menyelaraskan apa yang diberikan kepada anak didik dengan kebutuhan dan kondisi yang ada di daerahnya, menumbuhkembangkan minat dan perhatian anak didik sesuai dengan kondisi yang ada disekitarnya, memperkenalkan dan menanamkan sedini mungkin kehidupan sosial budaya serta nilai-nilai yang tumbuh dan berkembang di masyarakat.

2. Meningkatkan Daya Tarik Mata Ajaran IPA.

        Dalam kegiatan belajar mengajar guru harus memiliki ketrampilan berkomunikasi yang baik yakni bagaimana melalui komunikasi mereka dapat  menumbuhkan sikap positif anak didik terhadap pelajaran IPA sehingga anak didi menggap IPA itu menarik. Guru jangan memberikan kesan seolah-olah pelajaran itu sangat sulit dan hanyalah orang-orang tertentu yang bisa mengausainya. Sebaliknya, guru perlu memberikan berbagai cara yang mudah dan menarik dengan cara menggunakan proses komunikasi yang efektif dan bantuan sederhana, contohnya: tumbuhan.

3.Peningkatan Kesadaran Tentang Lingkungan Hidup Yang Sehat.

         Tumbuhan yang dijadikan media oleh guru merupakan salah satu usaha yang diharapkan mampu membantu pendidikan lingkungan hidup menjadi lebih baik menarik dan mudah. Dengan menggunakan tumbuhan sebagai media maka berbagai macam penjelasan tentang proses kehidupan yang berkaitan dengan alam dan tanaman itu sendiri bisa diuraikan secara gamblang.

4.Pengenalan Dan Penghargaan adanya berbagai keanekaragaman sumber daya alam hayati di Indonesia.

         Penggunaan tumbuhan sebagai media pendidikan nerupakan salah satu strategi penting yang mampu memberikan kontribusi signifikan terhadap pelestarian alam lingkungan bumi ini. Pemanfaatan tumbuhan di harapkan akan mampu meningkatkan pemahaman dan kesadaran tentang pentingnya kelestarian alam lingkungan. Para guru, keluarga, dan masyarakat hendaknya mampu melakukan konservasi  sumber daya alam hayati. Para generasi penerus harus diberikan bekal tentang bagaimana memanfaatkan dan mengelola alam dan sumber daya alam dengan kebijaksana bagi kepentingan manusia.Konsep konservasi pada intinya adalah melindungi, memanfaatkan, dan mempelajari.

5.Meningkatkan Kreatifitas dan Imajinatif anak didik.

          Guru yang memiliki kreatifitas tinggi akan menjadikan media tumbuhan sebagai salah satu media menarik ia mengajarkan suatu pelajaran. Dengan media tumbuhan, guru dapat meningkatkan berbagai kreatifitas dan imajinatif anak didiknya sehingga mereka diharapkan bisa mengasah kemampuan intelektulnya. Guru dapat memasukkan berbagai fenomena yang berkaitan dengan tumbuhan.Jika guru bisa mengajak semua anak didik berada dalam satu perhatian , maka pelajaran akan menarik. Bisa jadi ada siswa yang sulit dimotivasi akan  ikut tertarik dengan pelajaran tersebut.
Contoh: Metode bercerita atau menjelaskan sambil langsung menggunakan media nyata, merupakan salah satu cara pembelajaran kreatif imajinatif.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

How to make money from casino games - Worktomakemoney
Learn how หาเงินออนไลน์ to make money from casino games and how to maximize the chances of winning. Learn tips to make real money with no-deposit-bonus-bonuses-

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates